Model Rumah Tusuk Sate Berbahaya, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya!

61 Views

Rexvin – Tentunya Anda tak asing lagi dengan istilah model rumah tusuk sate dan sering menganggapnya sebagai pembawa sial atau ketidak beruntungan bila menempati rumah tersebut.

Mitos tersebut seringkali diturunkan dari orang tua Anda yang menganjurkan lokasi dan pilihan rumah sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah yang diinginkan. Banyak yang beranggapan bahwa dengan memiliki rumah model tusuk sate adalah suatu hal pembawa sial bagi yang tinggal di dalamnya.

Akibatnya, rumah tusuk sate selalu dihindari bagi calon konsumen. Namun hal ini banyak developer rumah yang menyiasati dengan, mengganti model rumah tusuk sate dengan membangun taman atau fasilitas terbuka lainnya.

Rumah tusuk sate adalah model rumah yang posisinya terletak di ujung jalan, tepatnya berada di tengah jalur pertigaan.

Bila digambarkan, maka rumah ini membentuk huruf T. Untuk mengetahui lebih jelas penjelasannya, simak artikel ini lebih jelasnya.

Rumah Tusuk Sate Adalah?

Apa yang dimaksud rumah tusuk sate sih, yaitu sebuah rumah yang berada tepat di ujung persimpangan atau ujung jalan yang lurus.

Apabila rumah Anda berada di ujung persimpangan, maka bisa dibayangkan seberapa besar risiko yang bisa Anda alami jika kasus tersebut terjadi dalam dunia nyata. Sama halnya seperti sebuah hukum fisika, massa yang besar membutuhkan banyak energi untuk berhenti.

Oleh karena itulah berdasarkan teori sederhana tersebut bisa Anda bayangkan sendiri mengenai penjelasan yang sudah ada sebelumnya.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dari model rumah tusuk sate, baik dari aspek kesehatan maupun keamanannya. Mau cari rumah di Batam dengan lingkungan perumahannya sehat dan juga aman? Cek pilihan rumahnya di Batu Besar, dengan harga rumah di bawah Rp500 juta.

rumah model tusuk sate dianggap bawa sial, itu adalah sebuah mitos orang tua dahulu
Mitos Dari Rumah Tusuk Sate | source: dekoruma.com

Mitos Dari Rumah Tusuk Sate

Memang benar, masyarakat di tanah air masih banyak sekali yang percaya tentang mitos. Mitos adalah salah satu cerita yang dibuat berdasarkan kepercayaan yang ada dalam masyarakat dan sering kali dipergunakan untuk menjelaskan hal-hal yang sulit untuk dijelaskan.

Tak semua mitos bisa dibuktikan secara logika, namun tentu saja semua mempunyai latar belakang yang biasanya dapat dijelaskan secara ilmiah dan menggunakan pola pikir yang lebih luas lagi

1. Penghuni Rumah Tidak Harmonis

Mitos yang pertama yaitu keluarga menjadi tidak harmonis. Banyak yang beranggapan akan sering terjadi pertengkaran antar anggota keluarga lain yang bertempat tinggal di rumah tusuk sate. Hal ini berakibat pada hubungan keluarga yang akan merenggang.

Mitos ini menyatakan bahwa rumah yang berlokasi tusuk sate biasanya keharmonisan keluarga menjadi kurang harmonis. Penyebabnya tentu saja karena hawa panas yang terus menerus muncul di rumah.

Padahal, jika dilihat secara ilmiah, hawa panas yang timbul dalam rumah bisa muncul karena posisi rumah tusuk sate berhadapan langsung dengan persimpangan jalan. Akibatnya apa? Cahaya matahari lebih gampang masuk tanpa adanya penghalang.

2. Penghuni Rumah Gampang Sakit

Mitos yang seringkali didengar dan beredar di kalangan orang-orang adalah penghuni rumah tersebut akan mudah sakit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah yang berada di ujung jalan akan terkena energi yang sangat besar secara langsung dari ujung jalan tanpa adanya yang membatasi sama sekali secara terus menerus.

3. Posisi Rumah Yang Rawan Terjadi Kecelakaan

Mitos rumah tusuk sate berikutnya yaitu kecelakaan yang lebih mudah menghampiri mereka yang menempati rumah tusuk sate.

Namun, kita bisa coba menelaah lagi, rumah tusuk sate berada persis di hadapan jalanan. Otomatis, resiko kendaraan bisa saja menabrak rumah memang menjadi risikonya plaing tinggi.

Lalu gimana cara untuk mengatasinya sih? Coba Anda membuat taman di depan rumah. Jadi, jika suatu saat terjadi kecelakaan, dampaknya tidak sampai mengenai rumah secara langsung.

Periksa keseluruhan keamanan lingkungan di rumah menjadi sangat penting. Terlebih, untuk rumah yang terletak di daerah rawan kecelakaan, seperti tusuk sate ini, keamanan lalu lintas menjadi pertimbangan yang utama sebelum membeli rumah dengan posisi tusuk sate.

4. Mengalami Nasib Buruk

Mitos selanjutnya adalah bisa memberikan nasib buruk bagi Anda yang menempatinya. Banyak yang mengatakan bahwa pekerjaan akan menjadi sulit, serta rezeki penghuni rumah bisa terhambat.

Tidak hanya itu saja, nasib buruk lain seperti susah untuk memulai usaha baru seolah selalu menghantui penghuni rumah tersebut.

5. Susah Mendapatkan Rezeki

Dengan menimbang berbagai resiko yang memang harus ditanggung saat membeli rumah model tusuk sate ini, nantinya akan ada dana tambahan yang harus dikeluarkan demi memperbaiki kekurangan yang dimiliki oleh rumah tersebut.

Rumah tusuk sate umumnya dipatok dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Bisa dibilang kita untung, karena bisa mempunyai rumah dengan luas dan fasilitas yang sama dengan harga yang lebih terjangkau. Hal yang harus kita lakukan juga sebelum membelinya yaitu dengan memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan untuk menutupi berbagai kekurangan dan resiko yang ada. Jangan lupa juga, memilih rumah yang memiliki kondisi lingkungan yang baik dan bersih.

Tips Untuk Yang Punya Rumah Model Tusuk Sate

Jangan pernah takut terhadap suatu mitos yang belum jelas fakta dan kebenarannya karena bisa menjadikan mitos tersebut menjadi salah satu yang berbalik dan menguntungkan bagi kita. Sama halnya seperti rumah tusuk sate, karena tidak perlu takut untuk membeli dan tinggal di rumah tusuk sate. Ini ada sebuah tips rumah tusuk sate yang perlu kita ketahui:

  1. Untuk mengatasi masalah panas matahari yang masuk ke dalam rumah secara langsung, akali dengan menggunakan sebuah kanopi berukuran besar dan terbuat dari bahan yang bagus untuk meredakan panas matahari.
  2. Tanamkan juga berbagai bentuk tanaman hias di halaman rumah untuk membuat suasana menjadi lebih teduh dan nyaman.

    Baca Juga: Tips Cara Bikin Ruangan Sempit di Rumah Agar Terlihat Luas

  3. Untuk membuat pengendara mobil menjadi lebih waspada, Anda bisa menyiapkan sebuah pot berukuran besar di depan rumah dengan warna-warna cerah dan tanam dengan menggunakan tanaman yang berukuran sedang agar pengendara bisa mengetahui bahwa terdapat rumah di persimpangan jalan. Anda bisa membuat tembok yang tinggi untuk mengurangi energi negatif masuk ke dalam rumah.
  4. Untuk mengatasi udara yang tidak mengalir dengan baik, Anda bisa membuat pintu utama tidak langsung menghadap ke jalan utama dan buatlah menyamping. Selain itu juga Anda bisa memasang jendela yang berada di pinggir kiri dan kanan rumah agar aliran udara bisa menjadi lebih teratur.

Itulah beberapa fakta mengenai rumah model tusuk sate yang perlu Anda ketahui, dan tips apabila Anda ingin memiliki rumah yang berada di persimpangan jalan. Pastikan juga agar rumah bisa terlihat dengan jelas dengan memberinya warna yang cerah. Semoga bisa bermanfaat yah, Sobat Rexvin!

Sumber:
https://www.gramedia.com/best-seller/rumah-tusuk-sate/#Bagaimana_Mitos_Tentang_Rumah_Tusuk_Sate
https://www.rumah.com/panduan-properti/rumah-tusuk-sate-38868

Share on:

Leave a Comment